bhinneka tunggal ika

Makna Bhinneka Tunggal Ika

Bhinneka Tunggal Ika adalah salah satu pilar negara Indonesia. kalimat ini terukir dalam simbol negara Garuda Pancasila. Makna bhinneka tunggal ika adalah sebagai berikut:

Bhinneka artinya bermacam-macam atau majemuk. Ika artinya satu kesatuan. Tunggal artinya menyatu. Jadi Bhinneka Tunggal Ika artinya kemajemukan menyatu menjadi satu kesatuan. Bhinneka Tunggal Ika tidaklah berarti singularitas atau peleburan menjadi satu. Singularitas berarti yang bermacam-macam atau berbeda-beda tersebut melebur menjadi satu sehingga melahirkan identitas tunggal yang berbeda dengan identitas yang lama.

Jika menerapkan singularitas, maka tidak ada lagi Suku Jawa, Suku Batak, Suku Bugis dan sebagainya, semuanya menyatu menjadi satu yaitu Bangsa Indonesia. Sehingga orang Jawa tidak lagi diakui sebagai orang Jawa tetapi orang Indonesia. Budaya Bugis tidak ada, yang ada budaya Indonesia. Penyatuan dengan model singularitas tidak sesuai dengan jati diri bangsa Indonesia.

Penyatuan dengan konsep Bhinneka Tunggal Ika adalah penyatuan secara kesadaran bahwa suku, agama, adat istiadat yang majemuk di Indonesia hakikatnya satu yaitu bangsa Indonesia, tanpa meninggalkan identitas asli. Orang Batak adalah Suku Batak, orang Jawa adalah Suku Jawa, masing-masing boleh menyatakan perbedaannya, beda adat istiadatnya, beda bahasanya, beda budayanya, tetapi mereka disatukan dalam satu bangsa yang sama yaitu bangsa Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Releated