ethics

Pengertian Moral, Budi Pekerti, Akhlak, Etika, dan Hubungannya

Pengertian Moral, Budi Pekerti, Akhlak, Etika, dan Hubungannya adalah sebagai berikut:

Moral secara bahasa berasal dari bahasa latin, mores, bentuk jamak dari more, artinya adat atau kebiasaan.

Pengertian moral adalah tindakan yang dilakukan oleh seseorang yang mempunyai nilai baik atau buruk, benar atau salah, layak atau tidak layak. Ketika seseorang mengatakan bahwa ia moralnya baik, artinya adalah bahwa apa yang dilakukannya itu mempunya sifat baik, benar, dan layak untuk dilakukan, begitupun sebaliknya.

Budi Pekerti secara bahasa berasal dari bahasa sansekerta, yaitu budi yang berarti sadar, yang menyadarkan, alat kesadaran. Dan pekerti artinya apa yang terlihat pada manusia karena didorong oleh perasaan.

Pengertian budi pekerti adalah perpaduan dari hasil akal dan rasa yang berwujud pada karsa dan tingkah laku manusia.

Akhlak berasal dari bahasa arab (اخلاق) yang merupakan bentuk jamak dari khuluq (خلق) yang artinya tabiat, perangai, kebiasaan, atau karakter.

Pengertian akhlak adalah suatu keadaan yang tertanam dalam jiwa berupa keinginan kuat yang melahirkan perbuatan-perbuatan secara langsung dan berturut-turut tanpa memikirkan pemikiran lebih lanjut.

Etika secara bahasa berasal dari bahasa Yunani, ethos, yang berarti watak kesusilaan atau adat.

Pengertian Etika menurut Ahmad Amin adalah ilmu yang membicarakan arti baik dan buru, menerangkan apa yang seharusnya dilakukan manusia, menyatakan tujuan yang harus dituju oleh manusia di dalam perbuatan mereka dan menunjukkan jalan untuk melakukan apa yang seharusnya diperbuat.

Hubungan diantara Moral, Budi Pekerti, Akhlak, dan Etika

Fungsinya : moral, budi pekerti, akhlak dan etika berfungsi sebagai pengarah atau petunjuk agar seseorang mengetahui mana perbuatan baik dan mana yang buruk.

Sumbernya : etika bersumber dari rasio, akhlak bersumber Al-Qur’an dan Hadits, moral dan budi pekerti bersumber pada ketentuan atau kebiasaan umum yang berlaku di masyarakat.

Penerapannya : etika bersifat teoritis, sedangkan moral, akhlak, dan budi pekerti bersifat praktis. Moral berbicara soal mana yang baik dan mana yang buru, budi pekerti berbicara mana yang tabu dan mana yang pantas, akhlak berbicara soal baik buruk, benar salah, layak tidak layak, etika berbicara kenapa perbuatan itu dikatakan baik atau kenapa perbuatan itu dikatakan buruk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Releated