taawun

Pengertian Tasamuh, Ta’awun, dan Musawah

Berikut adalah pengertian tasamuh, ta’awun, dan musawah:

Tasamuh atau toleransi adalah sikap menghormati segala perbedaan yang ada seperti suku, agama, ras, dan antar golongan. Keyakinan yang berbeda harus dihormati, karena pemaksaan adalah penindasan. Kebebasan beragama sangat dijamin dalam Islam.

لاَ اِكرَاهَ فِي الدِّين قَد تَبَيَّنَ الرُّشدُ مِنَ الغَيِّ فَمَن يَكفُر بِالطَّاغُوتِ وَيُؤمِن بِاللهِ فَقَد اِستَمسَكَ بِالعُروَةِ الوُثقَى لاَ انفِصَامَ لَهَا وَاللهُ سَمِيعٌ عَلِيم

“tidak ada paksaan dalam agama, telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat. Karena itu barang siapa yang ingkar kepada Thaghut dan beriman kepada Allah, maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada tali yang amat kuat yang tidak akan putus. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui: (QS. Al-Baqarah: 256)

Ta’awun atau tolong menolong adalah sikap untuk saling tolong menolong dan membantu dalam perbuatan kebaikan.

وَتَعَاوَنُوا عَلَى البِرِّ وَالتَّقوَى وَلاَ تَعَاوَنُوا عَلَى الاِثمِ والعُدوَان والتَّقُوا اللهَ اِنَّ اللهَ شَدِيدُ العِقَاب

“dan tolong menolonglah kamu dalam mengerjakan kebajikan dan takwa, dan janganlah tolong menolong dalam mengerjakan dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat besar siksa-Nya” (QS. Al-Maidah: 2)

Musawah atau egaliter adalah sikap dalam hidup bermasyarakat atau dalam hukum yang menganggap semua orang setara dan sama.

يَا اَبها النَّاسُ اِنَّا خلقنَاكُم مِن ذَكَرٍ و اُنثى وَجَعَلنَاكُم شُعُوبًا وَ قَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا اِنَّ اَكرَمَكُم عِندَ اللهِ اَتقَاكُم اِنَّ اللهَ عَلِيمٌ خَبِير

“wahai manusia sesungguhnya aku telah menciptakan kalian dari jenis laki-laki dan perempuan kemudian kami jadikan kalian bersuku-suku dan berbangsa-bangsa agar kalian saling kenal, sesungguhnya semulia-mulianya kalian disisi Allah adalah yang paling bertakwa di antara kalian” (QS. Al-Hujurat: 13)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Releated