Belajar Akuntansi mau jadi apa ? 1. Akuntan Publik (Public Accountant)

BELAJAR AKUNTANSI? MAU JADI APA?

Belajar Akuntansi mau jadi apa ?

Seseorang yang bekerja dalam bidang akuntansi disebut dengan akuntan. Sementara itu, profesi akuntan adalah semua bidang yang mempergunakan keahlian di bidang akuntansi. Berikut adalah jenis-jenis profesi akuntan:

1. Akuntan Publik (Public Accountant)

Akuntan publik atau akuntan eksternal adalah akuntan independent atau swasta yang menyediakan jasa untuk pihak yang membutuhkan. Akuntan publik bekerja secara bebas tanpa ada tekanana. Di Indonesia, nama ikatannya adalah IAPI (Ikatan Akuntan Publik Indonesia).

baca juga: Pengertian Akuntansi

Untuk dapat berpraktik sebagai akuntan publik, seseorang harus memiliki izin dari Kementerian Keuangan. Jasa yang diberikan akuntan publik adalah:

Jasa pemeriksaan (auditing) yaitu bidang pekerjaan profesi akuntansi paling utama yang diberikan kepada publik. Audit atas laporan keuangan adalah pemeriksaan secara independen untuk menilai kewajaran laporan keuangan yang disusun manajemen bagi para investor, kreditur, serta pihak-pihak luar lainnya.

Jasa perpajakan (tax service) yaitu jasa akuntan publik yang banyak dibutuhkan masyarakat. Tujuan pemberian jasa ini adalah untuk memenuhi peraturan perpajakan yang berlaku serta untuk membantu membuat perencanaan pajak.

.Jasa akuntansi (accounting service) yaitu pemberian jasa yang meliputi aspek yang luas. Akuntan mempunyai pengetahuan yang mendalam mengenai operasi perusahaan yang diperiksanya.

Jasa konsultasi manajemen (manajement advisory services)

2. Akuntan Perusahaan (Intern Accountant)

Akuntan internal atau biasa disebut akuntan manajemen adalah akuntan yang bekerja di sebuah perusahaan dan menjadi bagian dari perusahaan itu. Di Indonesia, nama ikatannya adalah IAMI (Ikatan Akuntan Manajemen Indonesia).

Tugas akuntan intern adalah :

1. Menyusun sistem akuntansi

2. Menyusun anggaran

3. Menangani masalah perpajakan

baca juga: Konsep Akuntansi

4. Melakukan pemeriksaan internal

5. Menyusun laporan keuangan yang ditujukan untuk kepentingan pihak internal dan ekstenal

3. Akuntan Pemerintah (government accountant)

Yaitu akuntan yang bekerja pda badan pemerintahan, perusahaan negara, bank pemerintah, direktur jenderal pajak, direktorat jenderal pengawasan keuangan negara. Di Indonesia, nama ikatannya adalah IASP (Ikatan Akuntan Sektor Publik)

4. Akuntan Pendidik

Yaitu akuntan yang bertugas dalam bidang pendidikan akuntansi, yaitu mengajar, menyusun kurikulum, dan melakukan penelitian di bidang akuntansi. Di Indonesia, nama ikatannya adalah IKPd (Ikatan Akuntan Pendidik)

Demikianlah artikel untuk menjawab pertanyaan masyarakat tentang belajar Akuntansi mau jadi apa ?

4 thoughts on “BELAJAR AKUNTANSI? MAU JADI APA?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Releated