dua revolusi mazhab klasik

DUA REVOLUSI LAHIRNYA MAZHAB EKONOMI KLASIK

Dua revolusi yang melatarbelakangi lahirnya mazhab ekonomi klasik adalah revolusi ilmu pengetahuan atau sains dan revolusi industri

Pertama, Revolusi Ilmu Pengetahuan (sains)

Revolusi ilmu pengetahuan dirintis oleh Galileo Galilei dan puncaknya adalah diterbitkannya buku Principia oleh Sir Isaac Newton. Setelah itu, sains bergerak maju dengan sangat pesat. Pokok-pokok revolusi sains sangat berpengaruh terhadap kelahiran mazhab klasik antara lain:

Newton mengatakan bahwa gerak semua benda termasuk matahari, bintang, bulan, dan planet tergantung pada hukum gerak (mekanika) dan hukum gravitasi. Hukum ini sangat mempengaruhi Adam Smith yang berpendapat bahwa ekonomi haruslah berdasarkan hukum alam, bukannya kekuasaan yang feodalistik.

Hukum Newton mensyaratkan keseimbangan gaya-gaya yang bekerja untuk mencapai gerak benda yang diinginkan. Misalnya planet-planet bergerak sesuai dengan jadwalnya karena adanya keseimbangan gaya tarik-menarik. Begitupula ekonomi dianggap akan mencapai titik keseimbangan. Oleh karena itu, ekonomi tidak dapat diatur dan diganggu oleh kekuasaan apapun karena yang menentukan titik keseimbangan itu adalah kekuatan permintaan dan penawaran.

Hukum-hukum newton seakan-akan menempatkan posisi Tuhan seperti pembuat arloji. Setelah arloji dapat berjalan dengan baik dan tepat, pembuat arloji dapat meninggalkan dan tidak ikut campur tangan. Jam tersebut bergerak sesuai hukum yang telah ditetapkan oleh pembuatnya.Begitupun ekonomi, “tuhan-tuhan” (kekuasaan raja, gereja, tuan tanah) dapat segera meninggalkan dan biarlah rakyat bekerja sesuai dengan hukum yang ada.

Kedua, Revolusi Industri

Revolusi industri lahir bersamaan dengan lahirnya ekonomi madzhab klasik. Meski demikian, madzhab ekonomi klasik membukakan pondasi yang sangat kokoh untuk lahirnya revolusi industri. Bagaimana perekonomian seharusnya bekerja dapat dipelajari dalam hukum-hukum Adam Smith. Hal inilah yang tidak dimiliki oleh madzhab pendahulunya baik merkantilis maupun fisiokrat.

Adam Smith sangat terpengaruh oleh revolusi industri dimana laba, pembagian kerja, dan efisiensi produksi menjadi perbincangan ditengah masyarakat. Revolusi industri juga membuat kekuatan baru di masyarakat yaitu pengusaha. Pengusaha yang mengalahkan dominasi kaum bangsawan.

Demikianlah penjelasan singkat tentang dua revolusi yang melatarbelakangi lahirnya mazhab ekonomi klasik

     Sumber: Disman. Sejarah Teori-teori Ekonomi. 2020. Tanggerang Selatan: Penerbit Universitas Terbuka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Releated