fungsi badan usaha komersial sosial ekonomi

Fungsi Badan Usaha komersial , sosial, ekonomi

Fungsi Badan Usaha (komersial , sosial, ekonomi) berbeda dengan tujuan badan usaha. Salah satu tujuan Badan Usaha adalah mencari laba atau pengembangan modal. Baik itu badan usaha berbentuk BUMN, Swasta, koperasi, maupun badan usaha berbentu gabungan. Sedangkan fungsi dari badan usaha ada tiga yaitu fungsi komersial, fungsi sosial, dan fungsi ekonomi. Marilah kita bahas satu per Satu

1. Fungsi komersial

Salah satu fungsi badan usaha adalah untuk memperoleh keuntungan. Badan usaha harus mengelola sumber daya produksi yang tersedia secara efisien dan efektif sesuai dengan prinsip-prinsip manajemen. Oleh karena itu, untuk memperoleh keuntungan secara optimal, setiap badan usaha harus bisa menghasilkan produk yang bermutu dan harga bersaing ataupun memberikan pelayanan yang berkualitas kepada pelanggan.

Fungsi komersial dapat mencapai sasaran yang ditetapkan dengan menerapkan fungsi manajemen dan fungsi operasional.

Fungsi manajemen

Ada beberapa fungsi manajemen yang bisa digunakan untuk mencapai tujuan, seperti fungsi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan.

Fungsi perencanaan merupaan permulaan langkah. Setelah menetapkan tujuan dan langkah-langkah tahap berikutnya adalah mengorganisasikan pekerjaan, yaitu menyangkut pembagian tugas dan penetapan wewenang untuk setiap anggota badan usaha. Langkah berikutnya adalah melaksanakan rencana yang sudah dibuat dengan organisasi yang sudah dibentuk. Langkah selanjutnya adalah pengawasan terhadap pelaksanaan. Jika terdapat kekurangan maka dicari solusinya dan jika sudah baik harus terus ditingkatkan kualitas pelaksanaannya.

Pemanfaatan fungsi manajemen yang baik akan memastikan bahwa badan usaha tersebut bisa mencapai tujuannya.

Fungsi operasional

Untuk menjalankan kegiatannya, badan usaha perlu mengelola sumber daya manusia, produksi, pemasaran, dan pembelanjaan, dengan sebaik-baiknya agar dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Sumber daya manusia, merupakan aset badan usaha yang paling berharga. Keberhasilan badan usaha sangat ditentukan oleh penggunaan sumber daya manusia yang efektif. Pengelolaan sumber daya manusia merupakan hal yang sulit karena setiap manusia mempunyai karakter yang unik dan berbeda.

Produksi, merupakan usaha yang ditujukan untuk menambah nilai guna suatu benda. Manajer produksi harus dapat menghasilkan barang dengan biaya minimal. Harga pokok tidak boleh diatas harga pasar.

Pemasaran, merupakan kegiatan penyaluran barang dan jasa dari produsen ke konsumen. Pemasaran berhubungan dengan cara penjualan, promosi dan penyaluran yang berorientasi pada kepuasan konsumen.

Pembelanjaan, merupakan kegiatan yang berhubungan dengan bagaimana mendapatkan dana dan menggunakan seefektif mungkin. Kegiatan pembelanjaan memerlukan perencanaan, pengawasan, kebijakan, dan pengendalian harga.

2. Fungsi sosial

Fungsi sosial berhubungan dengan manfaat badan usaha secara langsung atau tidak langsung terhadap kehidupan masyarakat. Contohnya, dalam penggunaan tenaga kerja, hendaknya badan usaha memprioritaskan tenaga kerja yang berasal dari lingkungan sekitar badan usaha. Prioritas ini menguntungkan kedua belah pihak, terutama menyangkut perasaan memiliki dari masyarakat sekitar terhadap keberadaan badan usaha.

3. Fungsi ekonomi

Badan usaha merupakan mitra penting pemerintah dalam membangun ekonomi nasional. Banyak peran yang dapat dilakukan badan usaha untuk membantu pemerintah, antara lain dalam peningkatan ekspor dan sebagai perpanjangan tangan dalam pemerataan pendapatan masyarakat. Dilain pihak, pemerintah dapat memungut pajak dari badan usaha tersebut melalui dirjen pajak.

12 thoughts on “Fungsi Badan Usaha komersial , sosial, ekonomi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated