hambatan menarik investor indonesia

Hambatan Menarik Investor di Indonesia

Menurut saya, ada dua masalah mendasar yang menjadi hambatan untuk menarik para penanam investasi modal atau investor di indonesia adalah masalah perijinan dan infrastruktur

1 Perijinan

Perijinan di Indonesia terkenal sangat rumit, mahal, dan lama. Ijin pendirian pabrik misalnya, harus mengantongi ijin dari pemda kabupaten/kota, pemda provinsi, dan pusat. Waktunya bisa sampai 3 tahun. Itupun tidak pasti keluar ijinnya. Biaya yang harus dikeluarkan untuk mengurus ijin-ijin tersebut sangat mahal. Bahakn terkadang pengusaha harus mengeluarkan uang suap untuk mendapatkan perijinan. Jika dibandingkan dengan negara lain, Vietnam misalnya, ijin lengkap keluar sekitar 1 sampai 3 bulan saja.

2 Infrastruktur

Infrastruktur yang dimiliki Indonesia masih jauh tertinggal dibandingkan dengan negara lain. Jalan rusak, minimnya tol, rel kereta api, pelabuhan yang sulit disinggahi kapal besar adalah sebagian dari infrastruktur yang menghambat investasi. Jalan rusak akan membuat barang-barang menjadi rusak. Sedikitnya jalan tol, rel kereta api, atau pelabuhan membuat biaya logistik meningkat tajam. Biaya logistik di Indonesia sangat besar yaitu sekitar 24% dari total biaya produksi. Jika dibandingkan dengan negara lain misalkan Malaysia yang hanya 15% dari total produksi. Biaya yang begitu besar ini membuat produk yang dihasilkan tidak dapat bersaing dalam hal harga dan membuat investasi di Indonesia menjadi tidak menarik.

demikianlah pendapat saya tentang hambatan dalam menarik investor di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Releated