Modal ventura atau venture capital

JENIS PEMBIAYAAN MODAL VENTURA

JENIS PEMBIAYAAN MODAL VENTURA

Jenis Pembiayaan modal ventura dapat dilakukan melalui beberapa bentuk, yaitu sebagai berikut.

Penyertaan langsung

Pembiayaan melalui modal ventura dapat diberikan dalam bentuk penyertaan modal secara langsung, yaitu ekuitas (equity). Pembiayaan ini memerlukan syarat perusahaan pasangan usaha sudah berbentuk badan hukum Perseroan Terbatas (PT). Bagian saham yang diambil adalah saham yang masih dalam portofolio yang belum diambil atau disetor pada pemegang saham lainnya. Bentuk yang biasanya digunakan adalah sebagai berikut.

Mendirikan perusahaan bersama

Perusahaan modal ventura dan perusahaan pasangan usaha mendirikan perusahaan secara bersama sebagai bentuk dari pembiayaan modal ventura.

Penyertaan modal dalam portofolio

Perusahaan modal ventura memberikan penyertaan modalnya dalam bentuk pengambilan sejumlah portofolio (gabungan) saham yang dimiliki perusahaan pasangan usaha.

Baca Juga: SUMBER DANA MODAL VENTURA

Semi equity financing

Pembiayaan ini paling banyak diminati karena bentuknya yang fleksibel. Perusahaan modal ventura memberikan penyertaan modal dalam bentuk obligasi konversi yang berarti perusahaan modal ventura akan memperoleh pendapatan tetap yang berasal dari kupon atau bunga obligasi dan jika perusahaan pasangan usaha mengalami kemajuan maka perusahaan modal ventura dapat menggunakan haknya untuk mengganti obligasi dalam bentuk saham.

Pembiayaan bagi hasil

Pembiayaan ini digunakan apabila perusahaan yang akan dibiayai belum berbadan hukum PT atau ada ketentuan-ketentuan lain yang belum bisa terpenuhi. Bentuk pembiayaan ditekankan pada aspek bagi hasil dari keuntungan yang diperoleh dari hasil pembiayaan.

TAHAP PEMBIAYAAN MODAL VENTURA

Pada dasarnya, perusahaan pasangan usaha dapat memperoleh bantuan modal ventura dalam setiap tahapan kegiatan usahanya dan tidak harus pada tahap awal kegiatan usaha. Secara lebih spesifik, perusahaan pasangan usaha dapat mendapatkan bantuan modal ventura pada tahap-tahap usaha berikut ini.

Pengembangan ide usaha

Ditinjau dari sisi risiko yang ditanggung oleh perusahaan modal ventura, tahap ini merupakan tahap yang paling berisiko. Pada tahap ini, kegiatan usaha masih dalam tahap pengembangan ide dasar yang masih belum ditelaah secara mendalam oleh calon perusahaan pasangan usaha. Tugas perusahaan modal ventura adalah membantu pembuatan studi kelayakan bisnis dari kegiatan usaha yang akan dilakukan oleh perusahaan pasangan usaha.

Baca Juga: SIKLUS AKUNTANSI DAN PEMROSESAN TRANSAKSI

Awal kegiatan usaha

Pada tahap ini, calon perusahaan pasangan usaha sudah yakin akan kelayakan dan prospek dari kegiatan usaha yang akan dilakukan dan telah siap untuk memulai kegiatan usahanya. Perusahaan modal ventura diharapkan memberikan bantuan dana dan manajemen untuk tahap ini.

Awal pengembangan usaha

Perusahaan pasangan usaha telah berhasil memulai kegiatan usahanya dan hasilnya menunjukkan tanda-tanda adanya prospek pengembangan usaha.

Ekspansi

Perusahaan pasangan usaha telah berhasil melaksanakan kegiatan usaha dengan baik dan berniat untuk melakukan pengembangan antara lain berupa peningkatan omzet, peningkatan pangsa pasar, perluasan target pasar, diversifikasi usaha,dan pembukaan cabang. Kegiatan usaha yang makin kompleks memerlukan pendanaan yang lebih lancar, lebih besar, dan juga memerlukan kualitas pengelolaan yang lebih tinggi. Dengan kondisi tersebut, perusahaan modal ventura dapat turut membantu.

Kejenuhan atau penurunan

Kegiatan usaha yang pada awalnya menunjukkan tanda-tanda baik dapat saja berubah menjadi kurang menguntungkan karena berbagai macam sebab. Seiring dengan penurunan ini maka terjadi pula penurunan kepercayaan dari pihak kreditor atau terjadi kesulitan pencarian solusi manajerial untuk mengatasi permasalahan. Dalam hal ini, perusahaan modal ventura dapat memberikan bantuannya.

Referensi :

Murti Lestari. 2015. Bank dan Lembaga Keuangan Nonbank. Penerbit Universitas Terbuka: Tanggerang Selatan. Hal 6.40

2 thoughts on “JENIS PEMBIAYAAN MODAL VENTURA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Releated