Jenis Perusahaan Berdasarkan Kegiatannya: 1. Perusahaan Jasa

Jenis Perusahaan Berdasarkan Kegiatannya

Jenis Perusahaan Berdasarkan Kegiatannya dibagi menjadi beberapa jenis, tetapi sebelumnya kita perlu mengetahui definisi perusahaan terlebih dahulu.

Perusahaan merupakan suatu organisasi yang memanfaatkan sumber daya atau faktor produksi seperti bahan baku, tenaga kerja, lahan, dan sebagainya untuk menghasilkan barang atau jasa bagi pelanggan.

Tujuan utama perusahaan adalah memaksimumkan laba atau keuntungan, yaitu selisih antara jumlah yang diterima dari pelanggan dengan jumlah yang harus dikeluarkan untuk memproduksi barang atau jasa tersebut.

baca juga: Pengertian Badan Usaha dan Perusahaan

Akan tetapi, terdapat perusahaan yang tidak bertujuan untuk menghasilkan laba atau keuntungan, perusahaan seperti ini disebut dengan perusahaan nirlaba.

Jenis Perusahaan Berdasarkan Kegiatannya dibagi menjadi:

1. Perusahaan Jasa

Perusahaan jasa adalah perusahaan yang kegiatannya bergerak dalam pelayanan jasa tertentu kepada konsumen. Perusahaan menjual jasa atau manfaat langsung kepada konsumen, bukan barang atau produk yang kasat mata.

contoh perusahaan jasa adalah salon, bengkel, notaris, akuntan, cuci mobil, dan sebagainya

2. Perusahaan Dagang

Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatannya adalah:

a. membeli barang dagangan

b. menjual kembali barang dagangan tersebut tanpa merubah bentuknya

tujuan perusahaan dagang adalah memperoleh laba atau keuntungan dari selisih antara harga jual dengan harga beli. jika harga jual lebih tinggi dari harga beli maka dikatakan perusahaan tersebut memperoleh keuntungan, sebaliknya jika harga jual lebih rendah dari harga beli maka perusahaan tersebut memperoleh kerugian.

baca juga: Apakah Perseroan Terbatas itu?

Hal yang perlu diperhatikan dari perusahaan dagang adalah perusahaan ini tidak memproduksi barang yang dijualnya ataupun merubah atau mengolahnya. Dia hanya membeli dan menjual saja.

contoh perusahaan dagang adalah toko kelontong atau toko eceran, supermarket, toserba, alfamart, dan sebagainya.

3. Perusahaan Manufaktur

Perusahaan manufaktur adalah perusahaan yang kegiatannya adalah:

a. membeli bahan baku mentah atau setengah jadi

b. mengolah atau merubah bahan baku tersebut

c. menjual hasil olahan tersebut

Perusahaan manufaktur ada yang mengolah bahan baku mentah menjadi produk jadi seperti rumah makan atau restoran yang membeli bahan baku mentah seperti beras menjadi produk jadi yaitu nasi.

Ada pula perusahaan manufaktur yang mengolah bahan baku mentah menjadi produk setengah jadi seperti perusahaan tepung tapioka. membeli ketela dari petani kemudian mengolahnya menjadi tepung tapioka. tepung tapioka harus diolah dulu oleh pembuat kue.

contoh perusahaan manufaktur adalah PT Unilever, PT Gudang Garam, Restoran dan sebagainya

4. Perusahaan Ekstraktif

Perusahaan ekstraktif adalah perusahaan yang kegiatannya mengambil hasil alam secara langsung tanpa harus mengolahnya. contoh perusahaan ekstraktif adalah pertambangan, perikanan laut, penebang kayu, penambang pasir dan sebagainya.

5. Perusahaan Agraris

Perusahaan Agraris adalah perusahaan yang kegiatannya mengolah alam sehingga dapat memberikan manfaat lebih banyak. contohnya adalah pertanian, perkebunan, perikanan darat, peternakan, dan sebagainya

LATIHAN

  1. Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis perusahaan berdasarkan kegiatannya!
  2. Jelaskan pengertian dari perusahaan jasa!
  3. Sebutkan 5 (lima) contoh perusahaan jasa di sekitarmu!
  4. jelaskan pengertian dari perusahaan Agraris!
  5. Jelaskan pengertian dari perusahaan manufaktur!

30 thoughts on “Jenis Perusahaan Berdasarkan Kegiatannya

      1. Perusahaan jasa merupakan perusahaanya yang kegiatannya bergerak dlm pelayanan jasa tertentu kepada konsumen.contoh perusahaan jasa adalah salon,bengkel,notaris,akuntan,cuci mobil dan sebagainya

  1. Tujuan utama perusahaan adalah memaksimumkan laba atau keuntungan, yaitu selisih antara jumlah yang diterima dari pelanggan dengan jumlah yang harus dikeluarkan untuk memproduksi barang atau jasa tersebut.Benarkah!?

  2. Jadi, kegiatan perusahaan di bagi menjadi:
    1. Perusahaan jasa
    2. Perusahaan dagang
    3. Perusahaan manufaktur
    4. Perusahaan ekstraktif
    5. Perusahaan agraris
    Benarkah?

  3. Perusahaan jasa merupakan perusahaanya yang kegiatannya bergerak dlm pelayanan jasa tertentu kepada konsumen.contoh perusahaan jasa adalah salon,bengkel,notaris,akuntan,cuci mobil dan sebagainya

  4. Seluruh kegiatan bisnis pasti memiliki tingkat kesulitan yang berbeda, maka dari itu dibutuhkan sebuah teknologi yang dapat meningkatan efektifitas bisnis. Salah satunya adalah sistem ERP. Dengan sistem ERP seluruh proses bisnis baik itu perusahaan jasa atau perusahaan produk menjadi lebih efektif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Releated