Modal ventura atau venture capital

BENTUK KESEPAKATAN MODAL VENTURA

BENTUK KESEPAKATAN MODAL VENTURA

Bentuk Kesepakatan modal ventura berisi kesepakatan antara perusahaan modal ventura dan perusahaan pasangan usaha dituangkan dalam perjanjian resmi secara tertulis dan berisikan:

  1. Jumlah pembiayaan

Jumlah pembiayaan harus disebutkan dengan jelas dengan satuan mata uang yang telah disepakati bersama.

  1. Cara penarikan atau pencairan dana bantuan

Cara penarikan bantuan harus dijelaskan dengan jelas, misalnya tunai, pemindahbukuan rekening, atau dengan cek.

  1. Jadwal penggunaan bantuan dana

Jadwal penarikan atau penggunaan dana harus disesuaikan dengan kebutuhan dana tersebut dalam kegiatan usaha perusahaan pasangan usaha.

  1. Jangka waktu bantuan dana

Jangka waktu bantuan dana harus disebutkan dengan tegas agar perusahaan pasangan usaha dapat membuat rencana cash flow yang sesuai.

Baca Juga: JENIS PEMBIAYAAN MODAL VENTURA

  1. Bentuk balas jasa finansial

Bentuk balas jasa yang diberikan perusahaan pasangan usaha dapat berupa bunga, atau bagi hasil dari keuntungan.

  1. Cara, jumlah, dan waktu pembayaran balas jasa finansial

Cara, jumlah, waktu pembayaran balas jasa finansial harus disebutkan dengan jelas. Balas jasa dalam bentuk bagi hasil harus juga disertai proporsi bagi hasil atas dasar periode waktu tertentu sesuai dengan kesepakatan.

  1. Cara penarikan kembali investasi (divestasi)

Divestasi dapat dilakukan dengan berbagai cara yang rencana pelaksanaannya harus disepakati dulu pada awal proses modal ventura. Divestasi dapat dilaksanakan dengan cara-cara berikut ini.

  • Pembelian kembali saham modal ventura oleh perusahaan pasangan usaha.
  • Penawaran saham melalui pasar modal (go-public), Cara ini dapat dilakukan bila kondisi perusahaan pasangan usaha betul- betul sehat dan prospektif sehingga sahamnya dapat dijual melalui bursa efek dengan harga yang wajar.
  • Pemberian kredit atau pinjaman dari bank, Sebagai pengganti penyertaan yang ditarik, perusahaan modal ventura berusaha menghubungkan perusahaan pasangan usaha dengan bank untuk mendapatkan pinjaman.
  • Perusahaan pasangan usaha dijual kepada perusahaan atau pihak lain Perusahaan pasangan usaha dapat dijual pada perusahaan lain yang tertarik untuk memiliki baik dengan cara tunai atau dibeli dengan saham.
  • Perusahaan pasangan usaha dilikuidasi, Cara ini hanya ditempuh bila cara-cara lain seperti yang telah disebutkan sebelumnya sudah sama sekali tidak bisa ditempuh. Likuidasi terpaksa dilakukan biasanya karena perusahaan pasangan usaha tidak dapat berkembang atau mempunyai prospek yang tidak menentu.
  • Syarat divestasi yang dipercepat, Dalam keadaan tertentu, divestasi dapat saja dilakukan lebih awal daripada waktu yang telah direncanakan.
  • Perubahan atau perpindahan kepemilikan, Kesepakatan tentang adanya kemungkinan perubahan atau perpindahan kepemilikan atas perusahaan pasangan usaha antara lain adalah:
    • prioritas kepada pihak tertentu untuk diberikan kesempatan membeli saham atas perusahaan persaingan usaha;
    • ada atau tidaknya keharusan bagi perusahaan persaingan usaha setelah jangka waktu tertentu membeli kembali saham yang dimiliki oleh perusahaan modal ventura dengan harga tertentu;
    • kepastian mengenai boleh tidaknya perusahaan modal ventura mengalihkan saham miliknya pada pihak ketiga;
    • kepastian mengenai boleh tidaknya perusahaan pasangan usaha melibatkan investor lain dalam kegiatan usahanya.

Baca Juga: Jenis Perusahaan Berdasarkan Kegiatannya

Referensi :

Murti Lestari. 2015. Bank dan Lembaga Keuangan Nonbank. Penerbit Universitas Terbuka: Tanggerang Selatan. Hal 6.42

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Releated