Klasifikasi pasar keuangan dalam berbagai

KLASIFIKASI PASAR KEUANGAN DARI BERBAGAI DIMENSI

KLASIFIKASI PASAR KEUANGAN DARI BERBAGAI DIMENSI

Klasifikasi pasar keuangan dalam berbagai dimensi adalah sebagai berikut:

  1. Klasifikasi Pasar Keuangan berdasarkan sifat dari klaim:
  • Pasar utang (debt market)

Pada dasarnya merupakan pasar yang memperdagangkan aset keuangan dengan arus kas tetap atau aset keuangan dengan instrumen utang (debt instrument). Contoh: obligasi (bonds), kredit (credit), surat utang jangka pendek (commercial peper), dan lain-lain.

baca juga: Peranan Aset Keuangan

  • Pasar ekuitas (equity market)

Adalah pasar yang memperdagangkan aset keuangan dengan arus kas tidak tetap atau aset keuangan dengan instrumen ekuitas (equity instrument). Contoh: saham biasa.

  1. Klasifikasi Pasar Keuangan berdasarkan jatuh tempo klaim:
  • Pasar uang (money market)

Merupakan pasar yang memperdagangkan aset keuangan dengan instrumen utang jangka pendek. Pada umumnya jangka waktu jatuh tempo surat utang di bawah 12 bulan

baca juga: Risiko Aset Keuangan

  • Pasar modal (capital market)

Adalah pasar bagi aset-aset keuangan jangka panjang, yaitu aset keuangan yang jatuh temponya di atas 12 bulan. Di pasar ini aset keuangan yang diperdagangkan bisa dengan instrumen utang, bisa juga dengan instrumen ekuitas.

  1. Klasifikasi Pasar Keuangan berdasarkan penerbitan klaim:
  • Pasar primer (primary market)

Adalah pasar keuangan dimana perusahaan-perusahaan menerbitkan aset keuangan untuk pertama kalinya dijual atau ditawarkan. Pasar ini juga disebut pasar perdana atau sering juga disebut initial public offering (IPO)

  • Pasar sekunder (secundery market)

Merupakan pasar yang memperdagangkan aset keuangan / klaim keuangan yang sebelumnya sudah dijual di pasar perdana, atau pasar primer. Kadang-kadang disebut pasar dari aset keuangan yang telah usang.

  1. Klasifikasi Pasar Keuangan berdasarkan waktu pengiriman:
  • Pasar kas (spot market)

Adalah pasar dimana pada saat transaksi langsung dilakukan penyelesaian pembayaran (settlement) dan penyerahan aset keuangan.

  • Pasar derivatif (derivative market)

Pada dasarnya merupakan pasar dimana transaksi aset keuangan penyelesaiannya dilakukan beberapa waktu kemudian atau secara berjangka. Transaksi ini pada umumnya merupakan kontrak berjangka (forward contracts) dan kontrak opsi (option contracts). Transaksi ini biasanya dilakukan investor untuk mengendalikan risiko besar.

  1. Klasifikasi Pasar Keuangan berdasarkan struktur organisasi:
  • Pasar lelang (auction market)

Adalah pasar di mana pembeli memasukkan tawaran kompetitif dan penjual memasukkan penawaran yang kompetitif pada saat yang sama. Harga aset keuangan yang diperdagangkan merupakan harga tertinggi yang pembeli bersedia membayar dan harga terendah yang penjual bersedia untuk menjual. Tawar menawar yang cocok kemudian dipasangkan bersama-sama dan selanjutnya dieksekusi.

  • Pasar paralel atau pasar tidak terdaftar (over-the-counter market / OTC market)

Merupakan pasar aset keuangan yang tidak tercatat di bursa. Para peserta perdagangan melakukan transaksi melalui telepon, jaringan faksimili atau elektronik, bukan di lantai bursa secara fisik.

  • Pasar perantara (intermediated market)

Adalah pasar di mana satu atau lebih lembaga keuangan berdiri di antara counterparty dalam transaksi.

Referensi:

Abdullah, Thamrin dan Suripto. 2019. Bank dan Lembaga Keuangan. Penerbit Universitas Terbuka: Tanggerang Selatan. Hal 1.11

2 thoughts on “KLASIFIKASI PASAR KEUANGAN DARI BERBAGAI DIMENSI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Releated