Mengenal pasar keuangan global sangat penting

Mengenal Lembaga Keuangan Internasional

Mengenal Lembaga Keuangan Internasional

Mengenal lembaga keuangan internasional penting karena dengan semakin mengglobalnya ekonomi dunia, keterkaitan antara ekonomi di suatu negara dengan negara-negara lain semakin besar. Globalisasi ekonomi dunia dapat terlihat dari dampak krisis keuangan di tahun 1997 dan tahun 2008.

Baca Juga: JENIS-JENIS LEMBAGA KEUANGAN NON-BANK

Tahun 1998, krisis keuangan yang berawal di Thailand merembet ke Indonesia sehingga Indonesia mengalami krisis keuangan yang parah. Di tahun 2008, krisis keuangan yang berawal di Amerika Serikat juga menjalar ke negara-negara lain sehingga hampir sebagian besar negara di dunia mengalami perlambatan pertumbuhan ekonomi.Untuk itu, keanggotan Indonesia dalam lembaga-lembaga keuangan internasional menjadi penting.

Sesuai dengan Keppres No. 64 tahun 1999, keanggotaan Indonesia pada organisasi internasional diamanatkan untuk memperoleh manfaat yang maksimal bagi kepentingan nasional, didasarkan pada peraturan perundangan yang berlaku dan memperhatikan efisiensi penggunaan anggaran dan kemampuan keuangan negara. Secara khusus, di bidang ekonomi dan keuangan, keanggotaan Indonesia pada lembaga internasional diharapkan dapat memberikan manfaat: mendorong pertumbuhan dan stabilitas ekonomi yang berkelanjutan, meningkatkan daya saing, meningkatkan kemampuan IPTEK, meningkatkan kapasitas nasional dalam upaya pencapaian pembangunan nasional, mendorong peningkatan produktivitas nasional, mendatangkan bantuan teknis, grant, dan bantuan lain yang tidak mengikat.

Baca Juga: ETIKA PROFESI AKUNTASI ITU APA?

Terdapat beberapa Lembaga Keuangan Internasional, yaitu:

  1. Bank Pembangunan Asia (The Asian Development Bank);
  2. Bank Pembangunan Islam (Islamic Development Bank);
  3. Bank Dunia (Bank dunia);
  4. Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund).

Keempat lembaga tersebut perlu dipelajari secara khusus karena memiliki peranan penting dalam ekonomi dunia pada umumnya, dan dalam ekonomi Indonesia pada khususnya.

Referensi :

Murti Lestari. 2015. Bank dan Lembaga Keuangan Nonbank. Penerbit Universitas Terbuka: Tanggerang Selatan. Hal 9.2

2 thoughts on “Mengenal Lembaga Keuangan Internasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Releated