Site icon Jendela Guru

Lembaga Pembiayaan atau Finance Institution

Finance Lembaga Pembiayaan atau Financial Institution Indonesia

Finance Lembaga Pembiayaan atau Financial Institution Indonesia

Lembaga Pembiayaan atau finance institution

Lembaga pembiayaan atau finance institution merupakan salah satu bentuk dari lembaga keuangan non bank. Sebagai catatan, padanan kata lembaga pembiayaan dalam bahasa Inggris adalah financing institution, sementara padanan kata untuk lembaga keuangan adalah financial institution. Ketentuan mengenai lembaga pembiayaan termuat dalam Peraturan Presiden (PP) No. 9 Tahun 2009 tentang Lembaga Pembiayaan. PP tersebut dikeluarkan   dengan   pertimbangan untuk meningkatkan peran  lembaga pembiayaan dalam proses pembangunan nasional.

Baca Juga: Manajemen Bank Umum

Definisi Lembaga Pembiayaan menurut PP No. 9 Tahun 2009 adalah badan usaha yang melakukan kegiatan pembiayaan dalam bentuk penyediaan dana atau barang modal. Lembaga pembiayaan meliputi perusahaan pembiayaan, perusahaan modal ventura, dan perusahaan pembiayaan infrastruktur. Sementara, perusahaan pembiayaan didefinisikan sebagai badan usaha yang khusus didirikan untuk melakukan sewa guna usaha (leasing), anjak piutang (factoring), pembiayaan konsumen, dan/atau usaha kartu kredit.

Fungsi utama dari perusahaan pembiayaan adalah memberikan pinjaman baik pada sektor perorangan (individu) maupun non-perorangan (korporasi). Beberapa jenis pinjaman yang diberikan oleh perusahaan pembiayaan mirip dengan jenis pinjaman yang diberikan oleh bank, contohnya pinjaman untuk membeli kendaraan; namun perusahaan pembiayaan berbeda dengan bank dalam hal penghimpunan dana. Perusahaan pembiayaan tidak boleh menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk giro, deposito, atau tabungan seperti halnya yang dapat dilakukan bank. Sumber dana perusahaan pembiayaan dapat berasal dari modal sendiri, pinjaman dari bank dan/atau badan usaha lainnya, maupun penerbitan obligasi.

Baca Juga: Mengenal Inflasi dan Pengangguran

Kegiatan usaha perusahaan pembiayaan yaitu sewa guna usaha (leasing), anjak piutang (factoring), usaha  kartu kredit (credit card), dan salah satu kegiatan dari lembaga pembiayaan yaitu perusahaan modal ventura. Rinciannya adalah sebagai berikut.

  1. sewa guna usaha (leasing).
  2. modal ventura.
  3. anjak piutang.
  4. kartu plastik.

Referensi :

Murti Lestari. 2015. Bank dan Lembaga Keuangan Nonbank. Penerbit Universitas Terbuka: Tanggerang Selatan. Hal 6.1

Exit mobile version