MAZHAB EKONOMI SOSIALIS UTOPIS

MAZHAB EKONOMI SOSIALIS UTOPIS

Mazhab Ekonomi Sosialis Utopis adalah salah satu mazhab dari pemikiran ekonomi sosialis. Konsep ajaran ekonomi sosialis acapkali berbeda mengenai jenis sosialisme yang mereka cari.

Ada yang menghendaki dihapusnya pemerintahan, sementara yang lain ingin mempertahankan agar dapat melindungi kepentingan buruh. Adapula yang menganggap semua lambang kapitalisme harus dilenyapkan, termasuk mekanisme pasar, harga dan invisible hand. Sedangkan yang lainnya menganggap mekanisme pasar dan harga masih diperlukan dalam saat-saat awal sosialisme, disebabkan sulitnya mengukur evjisiensi ketika dewan perencanaan pusat menyusun perioritas. 

Dari pandangan pemikiran yang revolusioner, Karl Marx dan Enggel pemikir ini biasa disebut kaum sosialis ilmiah.

Sedangkan yang tetap mempertahankan dengan cara-cara yang bersifat ideal dan terlepas dari kekuasaan politik disebut sosialis Utopis dengan dipelopori oleh Thomas More,  Francis Bacon,  Thomas Campenella,  oliver Cromwell.

Perkataan utopis berasal judul buku Thomas More dalam tahun 1615 Tentang keadaan negara yang sempurna dan pulau baru yang Utopis. Saint Simon dari Perancis  dan Charles Fourier bercita-cita menciptakan tata dunia baru yang lebih baik bukan dengan khotbah tetapi dengan model percontohan.

Louis Blank mengusahakan agar mendirikan pabrikyang dihimpun negara. Piere Joseph Proudhom Belaiau yakin atas asas persamaan dan lama sekali tidak setuju dengan hak milik pribadi terhadap perusahaan.

Kaum utopis yaitu mereka yang berpandangan bahwa menginginkan suatu masyarakat ideal dengan jalan memberikan contoh masyarakat demikian, dengan jalan menciptakan sebuah koloni, dapat diperbaiki keadaan-keadaan masyarakat pada umumnya.

Kaum utopis percaya bahwa dengan membagankan masyarakat yang diidam-idamkan atau dengan menciptakan suatu contoh masyarakat serupa itu dengan mendirikan koloni. Dengan koloni maka masyarakat pada umumnya dapat diperbaiki. Pemikiran mereka, untuk melaksanakan cita-cita adalah mungkin, terlepas dari pembentukan-pembentukan politik.

Meskipun banyak perbedaan, semua mazhab sosialis memiliki beberapa kesamaan misalnya, tidak mengikuti gagasan mazhab klasik mengenai harmoni kepentingan, menentang laissez faire, dan sebagainya.

Demikianlah penjelasan singkat Mazhab Ekonomi Sosialis Utopis yang merupakan salah satu mazhab dari pemikiran ekonomi sosialis

Sumber: Disman. Sejarah Teori-teori Ekonomi. 2020. Tanggerang Selatan: Penerbit Universitas Terbuka

One thought on “MAZHAB EKONOMI SOSIALIS UTOPIS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Releated