manajemen berbasis sekolah

Untuk Apa Mempelajari Manajemen ?

Untuk Apa Mempelajari Manajemen ? Pertanyaan mendasar yang mungkin timbul dalam benak Anda saat pertama kali Anda mempelajari manajemen adalah mengapa saya harus mempelajari manajemen? Untuk apa? Jawabannya adalah suatu saat Anda akan berada dalam ruang lingkup suatu organisasi dan Anda memiliki kepentingan untuk terlibat ataupun memperbaiki cara-cara pengelolaan organisasi tempat anda bekerja atau bekerjasama.

Cara-cara pengelolaan organisasilah yang anda peroleh dari manajemen dengan berbagai macam ruang lingkupnya. Setiap orang dalam kehidupannya akan selalu berinteraksi dengan organisasi. Misalnya, Anda mengunjungi sebuah hypermarket dan tak ada seorang pun pramuniaga yang melayani Anda, apakah Anda merasa kesal? Tentu saja, hal itu merupakan masalah bagi Anda sebagai konsumen yang berhak dilayani dengan baik.

Keadaan seperti itu dapat dikatakan bahwa hypermarket tersebut memiliki manajemen yang buruk. Sebuah organisasi yang dikelola dengan baik akan menghasilkan pertumbuhan yang meningkat. Sebaliknya, organisasi yang manajemennya buruk akan mengalami kemerosotan sehingga kelangsungan hidup organisasinya akan terancam. Anda bisa melihat perusahaan yang manajemennya tidak efektif tidak akan bertahan untuk  unjuk gigi di pasar industri yang perkembangannya sangat pesat seperti sekarang ini.

Khususnya mahasiswa seperti Anda, setelah lulus dari perguruan tinggi dan akan yang dikelola (sebagai employee) sedikit banyak harus mengetahui proses-proses manajemen yang digunakan dalam organisasi. Pertanyaan yang sering dilontarkan mahasiswa berkaitan dengan manajemen adalah “Manakah peluang-peluang bagi sebuah karier dalam manajemen?”.

Mungkin saja pertanyaan ini didasari oleh kenyataan dimana perusahaan banyak yang menciut, sehingga untuk membangun karier manajemen bukanlah pilihan yang tepat. Jadi inilah Anda, seorang mahasiswa yang sedang menempuh kuliah manajemen dan barangkali Anda sekarang ini bertanya pada diri Anda sendiri, “Apa gunanya?” Mengapa saya harus belajar manajemen sementara jabatan manajemen hanya akan dipegang oleh orang-orang sosial dan bisnis, bukan seorang engineer?

Sebuah jawaban yang tepat jika dikatakan saat ini adalah era evolusi manajemen dimana tingkat permintaan yang makin kuat akan manajer di bidang yang berkembang seperti perkembangan media baru, teknologi informasi, intranet organisasi, pengembangan content Internet-World Wide Web, telekomunikasi, pelatihan karyawan, dan lembaga nirlaba. Sebagai ilmu pengetahuan, manajemen memiliki kerangka ilmu yang sistematis, mencakup kaidah-kaidah, konsep, prinsip yang dapat digunakan secara universal bagi semua situasi manajerial.

Ilmu manajemen dapat diterapkan bagi semua bentuk organisasi, seperti perusahaan, pemerintah, pendidikan, sosial, politik, keagamaan, dan lainnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, seseorang mempelajari manajemen diharapkan memiliki pengetahuan dasar manajemen dan dapat menerapkannya pada situasi yang ada, dan mampu fleksibel terhadap perubahan lingkungan di sekitarnya.

Dengan demikian, sangat naif jika dikatakan bahwa seorang mempelajari ilmu manajemen hanya karena ingin memiliki jenjang karier dalam manajemen perusahaannya atau sebuah kuliah manajemen tidak perlu untuk diberi atensi karena hanya sebagai sebuah syarat untuk meraih gelar yang Anda inginkan. Yang perlu Anda garis bawahi sebelum mempelajari manajemen adalah Anda harus memiliki hasrat suatu saat akan menjadi seorang manajer atau seseorang yang memikul tanggung jawab dalam organisasi Anda, dan hal-hal yang berharga dalam memahami dan menyelesaikan persoalan manajerial yang Anda temui adalah dengan mempelajari manajemen.

REFERENSI:

L Daft, Richard. 2005. Manajemen. Jakarta: Erlangga.

Priyono. 2007. Pengantar Manajemen. Sidoarjo: Zifatama Press

Ramli, Rusli, dkk. 2017. Asas-Asas Manajemen. Tanggerang Selatan: Penerbit Universitas Terbuka

Wibowo, sapurno. 2009. Pengantar Manajemen Bisnis. Politeknik Telkom. Bandung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Releated