Modal ventura atau venture capital

MODAL VENTURA ATAU VENTURE CAPITAL

MODAL VENTURA ATAU VENTURE CAPITAL

Modal Ventura atau venture capital memiliki pengertian sebagai berikut.

  1. Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 61 Tahun 1988 tentang Lembaga Pembiayaan

Modal ventura adalah badan usaha yang melakukan usaha pembiayaan dalam bentuk penyertaan modal ke dalam suatu perusahaan yang menerima bantuan pembiayaan (investee company) untuk jangka waktu tertentu.

  1. International Finance Corporation World Bank Group

Modal ventura adalah modal yang disediakan oleh investor luar untuk membiayai perusahaan baru, perusahaan yang sedang tumbuh, atau perusahaan yang sedang mengalami kesulitan keuangan.

PERKEMBANGAN MODAL VENTURA DI INDONESIA

Modal ventura di Indonesia mulai berkembang sejak tahun 1973 dengan didirikannya PT Badan Pembinaan Usaha Indonesia (BPUI) dengan kegiatan utama mengembangkan usaha kecil dan menengah agar dapat memiliki daya saing. Dengan penyertaan modal dari BPUI, diharapkan perusahaan pasangan usaha akan mampu memperbaiki kondisi perusahaan sehingga hasil akhirnya nanti perusahaan pasangan usaha dapat dinilai layak untuk memperoleh pinjaman dana dari bank.

Baca Juga: SIKLUS AKUNTANSI DAN PEMROSESAN TRANSAKSI

PT BPUI adalah perusahaan milik negara sehingga penyertaan modalnya adalah penyertaan modal negara untuk mendirikan perusahaan perseroan yang usahanya bergerak dalam bidang penyertaan modal. Akan tetapi, perkembangan perusahaan ini tidak terlalu bagus hingga pada tahun 1988 dikeluarkan ketentuan tentang pendirian perusahaan modal ventura swasta.

Pembiayaan modal ventura tidak populer di Indonesia kemungkinan disebabkan oleh karakteristik pembiayaan ini yang mewajibkan pemberi bantuan untuk terlibat langsung dalam perusahaan penerima bantuan. Hal ini tentunya memerlukan waktu, dana, dan tenaga yang tidak sedikit.

Di Indonesia, suatu lembaga pembiayaan yang memiliki izin untuk melakukan usaha leasing, perdagangan surat berharga, anjak piutang, usaha kartu kredit, dan pembiayaan konsumen pada umumnya juga memiliki izin usaha modal ventura. Namun, pada kenyataannya, tidak banyak lembaga pembiayaan yang menggunakan izinnya untuk melakukan usaha modal ventura.

KONSEP KELEMBAGAAN DAN MEKANISME MODAL VENTURA

Risiko adalah karakteristik utama dalam modal ventura. Perusahaan modal ventura bisa saja tidak hanya terlibat dalam penyertaan pembiayaan pada sebuah perusahaan pasangan usaha, tetapi juga mungkin pada gagasan tertentu yang diperkirakan akan terwujud. Jadi pembiayaan bukan selalu dalam bentuk sebuah usaha yang telah pasti, bahkan mungkin masih berupa gagasan yang belum diketahui hasil akhirnya pada masa yang akan datang.

Sementara itu, masa depan sebuah usaha adalah tidak pasti. Jika masa depan adalah suatu hal yang tidak pasti maka berarti ada risiko yang harus ditanggung. Dalam investasi, risiko berhubungan positif dengan pengembalian. Semakin besar risiko yang dihadapi maka semakin besar juga pengembalian yang diharapkan. Oleh karena itu, modal ventura lebih cenderung untuk membiayai usaha yang menjanjikan keuntungan yang lebih besar. Ciri utama modal ventura adalah pembiayaan dalam bentuk penyertaan modal saham dalam jangka waktu tertentu.

Dalam mekanisme modal ventura terdapat tiga pihak yang terkait, yaitu sebagai berikut.

  1. Pemilik modal, modal bisa berasal dari berbagai sumber yang kemudian dihimpun dalam satu wadah atau lembaga khusus yang disebut dengan venture capital funds.
  2. Profesional. Dalam perusahaan modal ventura berkumpul para profesional yang memiliki keahlian dalam pengelolaan investasi dan mencari investasi yang potensial. Profesional bisa berupa lembaga yang disebut dengan perusahaan manajemen atau management venture/capital fund company.
  3. Perusahaan yang membutuhkan dana atau modal. Disebut dengan investee company atau perusahaan pasangan usaha (PPU).

Dalam pengelolaannya, modal ventura di Indonesia tidak mengenal pemisahan antara venture capital fund dengan management venture capital

Baca Juga: Pengertian Leasing atau Sewa Guna Usaha

company sehingga perusahaan modal ventura yang telah memperoleh izin usaha dapat mengelola atau dikelola oleh perusahaan modal ventura lainnya.

Referensi :

Murti Lestari. 2015. Bank dan Lembaga Keuangan Nonbank. Penerbit Universitas Terbuka: Tanggerang Selatan. Hal 6.30

2 thoughts on “MODAL VENTURA ATAU VENTURE CAPITAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Releated