Model motivasi kerja dalam organisasi setidaknya ada 3

Model Motivasi Kerja Dalam Organisasi

Model Motivasi Kerja Dalam Organisasi

Model motivasi kerja dalam organisasi setidaknya ada 3 (tiga) model yaitu model tradisional, model hubungan manusiawi, dan model sumber daya manusia.

Model Motivasi Kerja Tradisional

Model motivasi tradisional dihubungkan dengan tokoh Fredrick Taylor. Teori Taylor secara sederhana dapat digambarkan sebagai berikut: untuk memberikan dorongan kepada karyawan agar melakukan tugas mereka dengan berhasil, para manajer menggunakan sistem upah.Semakin banyak mereka menghasilkan/mencapai hasil kerja yang sempurna, semakin besar penghasilan mereka.

Baca juga: Taylor, tokoh manajemen

Model Motivasi Hubungan Manusiawi

Model hubungan manusiawi dihubungkan dengan tokoh Elton Maya dan peneliti tentang hubungan manusia lainnya. Elton menemukan bahwa kontak sosial yang dialami mereka, dan kebosanan serta rutinitas pekerjaan merupakan hal-hal yang mengurangi motivasi dalam bekerja. Sehingga mereka menganjurkan para manajer bisa memotivasi karyawan dengan mengakui kebutuhan sosial dan membuat mereka merasa penting dan berguna.

Perusahaan mencoba untuk mengakui kebutuhan sosial karyawan dan mencoba memotivasi mereka dengan meningkatkan kepuasan kerja.Para karyawan diberi lebih banyak waktu kebebasan untuk mengambil keputusan dalam pekerjaannya.Dalam model atasan mereka memperlakukan dengan baik dan tenggang rasa juga penuh perhatian atas kebutuhan mereka.

Baca juga: manajemen aliran perilaku atau hubungan manusia

Model Motivasi Sumber Daya Manusia

Tugas manajer dalam model ini, bukanlah menyuap para karyawan dengan upah atau uang saja tetapi juga untuk mengembangkan rasa tanggung jawab bersama dalam mencapai tujuan organisasi dan anggotanya, dimana setiap karyawan menyumbangkan sesuai dengan kepentingan dan kemampuannya masing-masing.

REFERENSI:

Amirullah. 2015. Pengantar Manajemen. Jakarta : Mitra Wacana Media.

Anton Mulyono Aziz dan Maya Irjayanti, 2014. Manajemen. Bandung: Mardika Group.

Malayu Hasibuan. 2016. Manajemen: Dasar, Penegertian, dan Masalah, Edisi Revisi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Ramli, Rusli, dkk. 2017. Asas-Asas Manajemen. Tanggerang Selatan: Penerbit Universitas Terbuka

Wibowo, sapurno. 2009. Pengantar Manajemen Bisnis. Politeknik Telkom. Bandung

One thought on “Model Motivasi Kerja Dalam Organisasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Releated