Para pelaku pasar keuangan keuangan atau pihak-pihak

PARA PELAKU PASAR KEUANGAN

PARA PELAKU PASAR KEUANGAN

Para pelaku pasar keuangan keuangan atau pihak-pihak yang terlibat dalam pasar keuangan pada prinsipnya adalah adalah investor, yaitu pihak yang menawarkan dana dan peminjam sebagai pihak yang membutuhkan dana.

baca juga: Klasifikasi Pasar Keuangan

Kenyataannya sangat sulit untuk memisahkan peranan mereka secara personal, karena investor bisa saja dengan cepat berubah menjadi peminjam, dan begitu sebaliknya. Namun demikian, pada dasarnya semua person dapat menjadi pelaku di pasar uang. Pihak-pihak yang dapat melakukan transaksi di pasar keuangan antara lain:

  1. rumah tangga/individu;
  2. pihak bisnis (perusahaan atau persekutuan);
  3. pemerintah;
  4. Badan Usaha Milik Negara (BUMN);
  5. bank sentral;
  6. bank umum;
  7. lembaga keuangan;
  8. koperasi;
  9. badan-badan keuangan internasional (World Bank, ADB);
  10. perusahaan multinasional;
  11. dan lain-lain.

Baca Juga: Peran Pasar Keuangan dalam Perekonomian

Pihak-pihak tersebut merupakan pelaku langsung dalam transaksi perdagangan aset keuangan. Di luar pihak-pihak tersebut ada pihak penerbit aturan dalam transaksi di pasar keuangan. Dalam hal ini pemerintah selain bisa aktif sebagai pelaku pasar (memperjual belikan aset keuangan) juga berperan sebagai pengatur atau regulator dalam transaksi pasar keuangan. Hal ini merupakan bagian dari sistem keuangan.

Referensi:

Abdullah, Thamrin dan Suripto. 2019. Bank dan Lembaga Keuangan. Penerbit Universitas Terbuka: Tanggerang Selatan. Hal 1.17

2 thoughts on “PARA PELAKU PASAR KEUANGAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Releated