Jenis-jenis transaksi bisnis dalam perusahaan dikelompokkan

PENGERTIAN AKUNTANSI DARI BERBAGAI SEGI

Pengertian Akuntansi Dari Berbagai Segi dapat dilihat dari segi pemakai, proses kegiatan, bahasa, dan prosedur. tetapi sebelum membahas pengertian akuntansi dari berbagai segi marilah kita bahas pengertian akuntansi menurut para ahli sebagai berikut:

Menurut American Accounting Association (AAA)

Akuntansi adalah proses mengidentifikasi, mengukur, dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi pihak pemakai informasi. Ini berarti akuntansi merupakan proses yang terdiri atas pengidentifikasian, pengukuran, dan pelaporan informasi ekonomi.

Menurut American Institute of Certified Public Accountants (AICPA)

Akuntansi adalah proses pencatatan, penggolongan, dan peringkasan transaksi kejadian dalam bentuk satuan uang yang tepat (berdaya guna) dan pengintrepretasian hasil proses tersebut.

Menurut Niswonger, Fess, dan Warren

Akuntansi adalah proses mengenali, mengukur, dan mengomunikasikan informasi ekonomi untuk memperoleh pertimbangan dan keputusan yang tepat oleh pemakai informasi yang bersangkutan.

Accounting Principle Board (APB) Statement No. 4

Akuntansi sebagai suatu kegiatan jasa. Bertujuan untuk memberikan informasi kuantitatif, umumnya dalam ukuran uang, mengenai suatu badan ekonomi yang dimaksudkan untuk digunakan dalam pengambilan keputusan ekonomi sebagai dasar memilih di antara beberapa alternatif.

baca juga: BELAJAR AKUNTANSI? MAU JADI APA?

Pengertian akuntansi juga dapat dilihat dari berbagai segi, sebagai berikut :

Segi pemakai

Dari segi pemakai, akuntansi menyediakan informasi yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan secara efisien serta untuk mengevaluasi kegiatan suatu entitas. Informasi tersebut diperlukan untuk mempuan perencanaan yang efektif, melakukan pengawasan, serta membantu pengambilan keputusan oleh manajemen dan pertanggungjawaban entitas kepada pihak eksternal.

Segi proses kegiatan

Dari segi proses kegiatan, akuntansi adalah proses pencatatan, penggolongan, peringkasan, pelaporan, dan penganalisaan data keuangan suatu entitas.

Segi bahasa

Dari segi bahasa, akuntansi adalah proses identifikasi, pengukuran, dan komunikasi informsi ekonomi untuk menghasilkan pertimbangan dan keputusan dari pemakai informasi tersebut.

Segi prosedur

Dari segi prosedur, akuntansi adalah suatu teknik atau seni (art) untuk mencatat, menggolongkan, menyimpulkan, serta menganalisa hasil dari teknik tersebut berupa transaksi yang bersifat keuangan dalam nilai mata uang.

baca juga: PROFESI DALAM BIDANG AKUNTANSI

Berdasarkan pengerian di atas, dapat disimpulkan bahwa kegiatan akuntansi meliputi hal-hal sebagai berikut:

1 Pencatatan (recording)

Pencatatan adalah kegiatan mencatat transaksi keuangan perusahaan yang terjadi ke dalam dokumen buku harian (jurnal) yang tersedia di perusahaan dengan cermat dan kronologis.

2 Penggolongan (classifying)

Penggolongan merupakan kegiatan mengelompokkan transaksi keuangan perusahaan dalam perkiraan buku besar.

Contoh:

Transaksi penjualan tunai di catat dalam jurnal penerimaan kas dan digolongkan ke perkiraan buku besar kas

3 Peringkasan (summarizing)

Peringkasan merupakan kegiatan meringkas transaksi keuangan yang sudah digolongkan ke perkiraan buku besar ke dalam neraca saldo

4 Pelaporan (reporting)

Pelaporan yang maksud adalah menyusun laporan keuangan yang terdiri atas laporan laba rugi, laporan laba yang ditahan (PT), dan neraca

sumber: Sugiarto. 2020. Pengantar Akuntansi. Tanggerang Selatan: Penerbit Universitas Terbuka

LATIHAN !

1 Jelaskan Pengertian Akuntansi Menurut Menurut American Accounting Association (AAA)!

2 Jelaskan Pengertian Akuntansi Dari Segi Pemakai!

3 Sebutkan Kegiatan Akuntansi!

4 Jelaskan Pengertian Recording!

5 Jelaskan Pengertian Reporting!

28 thoughts on “PENGERTIAN AKUNTANSI DARI BERBAGAI SEGI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Releated