Definisi dan Pengertian Manajemen adalah

Definisi dan Pengertian Manajemen

Definisi dan Pengertian Manajemen

Definisi dan Pengertian Manajemen adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi Mary Parker Follet ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal.

Kata   manajemen   berasal   dari   bahasa   perancis   kuno―mé nagement ‖,   yang   berarti   ―seni melaksanakan dan mengatur ‖.Istilah manajemen juga berasal dari kata ―management ‖ (Bahasa Inggris) yang berasal dari kata ―to manage yang artinya mengurus atau tatalaksana.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI): Manajemen adalah (1) orang yg mengatur pekerjaan atau kerja sama di antara berbagai kelompok atausejumlah orang untuk mencapai sasaran; (2) orang yg berwenang dan bertanggung jawabmembuat rencana, mengatur, memimpin, dan mengendalikan pelaksanaannya untukmencapai sasaran tertentu.

Pengertian manajemen menurut Oxford adalah “the process of dealing with orcontrolling people or things” (proses berurusan dengan atau mengendalikan orang atau benda).

Dalam Encylopedia Of The Social Sciences dikatakan bahwa Manajemen adalah suatu proses dengan proses mana pelaksanaan suatu tujuan tertentu di selenggarakan dan di awasi.

Jika kita meninjau dari literatur manajemen, kita akan menemukan istilah manajemen mengandung tiga pengertian yaitu :

  • Manajemen sebagai suatu proses,
  • Manajemen sebagai kolektivitas orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen,
  • Manajemen sebagai suatu seni (Art) dan sebagai suatu ilmu pengetahuan (Science).

REFERENSI:

Amirullah. 2015. Pengantar Manajemen. Jakarta : Mitra Wacana Media.

Anton Mulyono Aziz dan Maya Irjayanti, 2014. Manajemen. Bandung: Mardika Group.

Malayu Hasibuan. 2016. Manajemen: Dasar, Penegertian, dan Masalah, Edisi Revisi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Ramli, Rusli, dkk. 2017. Asas-Asas Manajemen. Tanggerang Selatan: Penerbit Universitas Terbuka

Wibowo, sapurno. 2009. Pengantar Manajemen Bisnis. Politeknik Telkom. Bandung

One thought on “Definisi dan Pengertian Manajemen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Releated