Pengertian dan Dasar Motivasi Kerja

Pengertian dan Dasar Motivasi Kerja

Pengertian dan Dasar Motivasi Kerja

Daftar Isi

Pengertian dan Dasar Motivasi Kerja dijelaskan sebagai berikut

Pengertian Motivasi Kerja

Menurut arti katanya, motivasi atau motivation berarti motif, penimbulan motif atau hal yang menimbulkan dorongan. Motivasi secara umum adalah Dorongan yang dimiliki oleh dalam diri seseorang untuk melakukan tindakan tertentu dengan tujuan tertentu. Dalam manajemen kita mengenal motivasi dalam kerja.

baca juga: dua pendekatan manajemen

Dalam kamus administrasi, Drs. The Liang Gie CS, memberikan perumusan akan motivating atau pendorong kegiatan sebagai berikut: pekerjaan yang dilakukan oleh seorang manajer dalam memberikan inspirasi, semangat dan dorongan kepada orang lain, dalam hal ini karyawannya untuk mengambil tindakan-tindakan. Pemberian dorongan ini bertujuan untuk menggiatkan orang-orang atau karyawan agar mereka besemangat dan dapat mencapai hasil sebagaimana dikehendaki dari ornag-orang tersebut.

Di  bawah  ini  tercantum  beberapa  definisi  atau  pengertian  motivasi  kerja   dari  sejumlah penulis sebagai berikut:

  1. George   R.   Terry berpendapat   motivasi   kerja  adalah   suatu   keinginan  dalam  diri seseorang yang mendorongnya untuk bertindak sesuatu‖.
  2. Dr.   Sondan   P.   Siagian,   MPA berpendapat   bahwa:  Motivasi   kerja   merupakan keseluruhan proses pemberian motiv berkerja para bawahan sedemikian rupa sehingga mereka mau bekerja dengan ikhlas demi tercapainya tujuan organisasi dengan efisien dan ekonomis.
  3. Wahjosumadjo menyatakan,  motivasi  kerja  merupakan  suatu  prsoses  psikologis  yang mencerminkan interaski antara sikap kebutuhan persepsi dan kepuasan yang terjadi pada diri seseorang.
  4. G. Terry mengemukakan  bahwa  Motivasi  diartikan  sebagai  mengusahakan  supaya seseorang dapat menyelesaikan mempekerjaan dengan semangat karena ia ingin melaksanakannya.
  5. M. Manullang memberikan pengertian motivasi sebagai pekerjaan yang dilakukan oleh seorang manajer memberikan inspirasi, semangat dan dorongan kepada orang lain, dalam hal ini karyawan untuk mengambil tindakan-tindakan.Pemberian dorongan ini bertujuan untuk menggiatkan orang-orang karyawan agar mereka bersemangat dan dapat mencapai hasil sebagaimanadikehendakidariorang-orang tersebut

Dasar Motivasi

Pada dasarnya motivasi dapat mamacu karyawan untuk bekerja keras sehingga dapat mencapai tujuan mereka. Hal ini akan meningkatkan produkitvitas kerja karyawan sehingga berpengaruh pada pencapaian tujuan perusahaaan.

baca juga: perkembangan teori manajemen

Sumber motivasi ada tiga factor yakni :

  1. Kemungkinana untuk berkembang
  2. Jenis pekerjaan
  3. Apakah mereka dapat merasa bangga menjadi bagian dari perusahaan tempat mereka bekerja.

Di samping itu terdapat beberapa aspek yang terpengaruh terhadap motivasi kerja karyawan, yakni:

  1. Rasa aman dalam bekerja
  2. Mendapatkan gaji yang adil dan kompetitif
  3. Lingkungan kerja yang menyenangkan
  4. Penghargaan atas prestasi kerja dan perlakuan yang adil dari manajemen.

Dengan melibatkan karyawan dalam pengambilan keputusan, pekerjaan yang menarik menantang, kelompok dan rekan-rekan kerja yang menyenangkan, kejelasan akan standar keberhasilan, output yang diharapkan serta, bangga terhadap pekerjaan dan perusahaan dapat menjadi faktor pemicu kerja karyawan.

Pada dasarnya proses dapat digambarkan jika seseorang tidak puas akan mengakibatkan ketegangan, yang pada akhirnya akan mencapai jalan atau tindakan untuk memenuhi dan terus mencari kepuasan yang menurut ukurannya sendiri sudah sesuai dan harus terpenuhi. Sebagai contohnya, beberapa karyawan secara regular menghabiskan sebagian besar waktunya untuk berbicara atau mendiskusikan sesuatu di kantor, yang sebenarnya hanya untk memuaskan kebutuhan sosialnya. Langkah ini sebagai suat usaha yang bagus, namun tidak produktif dapat mewujudkan hasil kerja atau target kerja.

REFERENSI:

Amirullah. 2015. Pengantar Manajemen. Jakarta : Mitra Wacana Media.

Anton Mulyono Aziz dan Maya Irjayanti, 2014. Manajemen. Bandung: Mardika Group.

Malayu Hasibuan. 2016. Manajemen: Dasar, Penegertian, dan Masalah, Edisi Revisi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Ramli, Rusli, dkk. 2017. Asas-Asas Manajemen. Tanggerang Selatan: Penerbit Universitas Terbuka

Wibowo, sapurno. 2009. Pengantar Manajemen Bisnis. Politeknik Telkom. Bandung

2 thoughts on “Pengertian dan Dasar Motivasi Kerja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Releated