pengertian sejarah pemikiran ekonomi

PENGERTIAN SEJARAH PEMIKIRAN EKONOMI

Pada kesempatan ini saya ingin membahas tentang pengertian dan Ruang lingkup sejarah pemikiran ekonomi.

Pengertian sejarah:  Ada empat defenisi pengertian sejarah, tetapi secara umum dapat didefenisi sejarah sebagai suatu rangkaian peristiwa masa lalu.

Menurut ahli sejarah Pemikir ekonomi Eduard Heimann melihat sejarah dari sudut alamiah orang melihat sejarah sebagai bimbingan etodologis; bila sejarah bertindak sebagai pembimbing maka akan terjadi suatu perumbahan dalam masyarakat,

Alexandr gray mengatakan Sejarah pemikiran ekonomi dan mengenai gejala- gejala ekonomi sudah ada setua pemeikiran manusia itu sendiri. Sejarah Pemikiran Ekonomi mempunyai sumbangan terhadap ilmu pengetahuan dan kemanusiaan. Hal itu dapat dilihat dari defenisinya.  

Sejarah Pemikiran Ekonomi juga disebut sejarah ekonomi, adalah suatu cabang ilmu pengetahuan yang menyajikan riwayat kronologis mengenai produk-produk intelektual atau pandangan, prinsip-prinsip, konsep-konsep dan teori-teori yang terorganisir mengenai ilmu ekonomi dan penjelasan mengenai penyebab-penyebabnya.

Berdasarkan defenisi tersebut, ada tiga sifat utama sejarah pemikiran ekonomi,

Pertama, Mengutamakan pendekatan kronologis/vertikal,

Kedua, Produk-produk intelektual (teori, konsep, hipotesis dan prinsip ) terorganisasi melahirkan Mazhab,

Ketiga, Merupakan cabang ilmu ekonomi bertujuan untuk memberikan penjelasa tentang sebab-sebab munculnya produk-produk intelektual .

Setelah mempelajari pengertian, maka perlu juga mengetahui apa itu ilmu ekonomi dan kapan ia lahir, dan menjawab bagaimana struktur ilmu ekonomi sampai melahirkan teori ekonomi yang kemudian terjadi kontroversi.

Sumber-sumber kontroversi dan Rekonsiliasi merupakan lanjutan pembahasab perkembangan ilmu pengetahuan, namun akhirnya terjadi rekonsiliasi. Oleh sebab itu perlu mengetahui tokoh-tokoh pemikir ekonomi seperti Adam Smith, Alfred Marshal, John Maynard Keynes, dan lain sebagainya.

Demikianlah penjelasan singkat tentang pengertian dan Ruang lingkup sejarah pemikiran ekonomi.

Sumber: Disman. Sejarah Teori-teori Ekonomi. 2020. Tanggerang Selatan: Penerbit Universitas Terbuka

2 thoughts on “PENGERTIAN SEJARAH PEMIKIRAN EKONOMI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Releated