Spesialisasi keahlian di bidang akuntansi : Akuntansi keuangan

Penjelasan Singkat Lembaga Keuangan

Penjelasan Singkat Lembaga Keuangan

Penjelasan singkat lembaga keuangan adalah sebagai berikut. Lembaga keuangan adalah perusahaan yang memberikan jasa layanan utama berupa jasa keuangan.

Jasa-jasa keuangan utama yang diberikan oleh lembaga keuangan antara lain, mengubah aset keuangan yang didapatkan dari pasar menjadi bentuk aset keuangan yang berbeda, untuk tujuan yang berbeda pula; membantu menciptakan berbagai bentuk aset keuangan untuk kepentingan klien perusahaannya; memperdagangkan aset keuangan untuk berbagai kepentingan, baik kepentingan perusahaan keuangan sendiri, maupun kepentingan pihak lain (klien); memberikan jasa perlindungan atas risiko yang mungkin dihadapi oleh kliennya, baik risiko bisnis, maupun risiko yang lain; memberikan jasa konsultasi untuk para investor dan pelaku pasar keuangan lainnya; memberikan jasa pengelolaan portofolio, baik untuk pelaku pasar keuangan maupun untuk masyarakat umum.

baca juga: Sifat Dasar Akuntansi

Dari jasa-jasa yang ditawarkan tersebut, maka industri jasa keuangan memiliki keistimewaan dibandingkan industri jasa yang lain. Beberapa keistimewaan utama dari lembaga keuangan bank dan bukan bank antara lain adalah sebagai lembaga intermediary yaitu menghubungkan pihak yang kelebihan dana dengan pihak yang membutuhkan dana,

Peran ini merupakan salah satu keistimewaan (specialness) dari lembaga keuangan. Jika tidak ada lembaga keuangan, maka dana-dana menganggur (idle funds) di masyarakat, akan tetap menjadi dana menganggur yang tidak produktif. Keistimewaan lain dari lembaga keuangan dibanding industri jasa pada umumnya antara lain adalah, mampu memberikan likuiditas dan berbagi risiko, mampu menjadi perantara atau broaker, menjadi transformer aset. Inovasi keuangan adalah munculnya ide-ide baru sehingga produk- produk keuangan semakin berkembang, terutama dalam hal solusi dan instrumen keuangan.

baca juga: Sejarah Perkembangan Lembaga Keuangan

Atas dasar dimensi ini, maka inovasi keuangan dapat diklasifikasikan: inovasi produk (new product), misalnya berupa hipotik yang disesuaikan, berbagai aset yang diperdagangkan di bursa dana; inovasi pelayanan (new services), misalnya berupa penjualan saham secara on-line, sistem perbankan dengan internet (internet banking), pelayanan dengan telepon (phone banking), dan inovasi-inovasi pelayanan lain; inovasi metode dan proses “produksi” (new production process), seperti pencatatan saham elektronik, kredit skoring; dan inovasi bentuk organisasi lembaga keuangan (new organizational form) misalnya bank yang hanya dengan sistem internet, metode perdagangan saham yang hanya menggunakan sistem elektronik. Perkembangan bentuk organisasi perusahaan ini pada umumnya lebih mengarah pada dominasi sistem elektronik, telepon, dan

internet.

Referensi:

Murti Lestari. 2015. Bank dan Lembaga Keuangan Nonbank. Penerbit Universitas Terbuka: Tanggerang Selatan. Hal 2.19

4 thoughts on “Penjelasan Singkat Lembaga Keuangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Releated