PIHAK MANA SAJAKAH YANG MEMBUTUHKAN INFORMASI AKUNTANSI?

Pihak mana sajakah yang membutuhkan informasi akuntansi?

Akuntansi merupakan suatu sistem informasi yang menyediakan laporan untuk pihak-pihak yang berkepentingan dalam menilai kinerja dan kondisi ekonomi perusahaan. Akuntansi adalah bahasa bisnis (language of business) karena melalui akuntansi, informasi bisnis dikomunikasikan kepada para pemangku kepentingan. Pihak mana sajakah yang membutuhkan informasi akuntansi? Pihak yang berkepentingan dengan informasi akuntansi adalah sebagai berikut :

      1.       Pemakai Informasi Internal (Internal User)

Akuntansi merupakan suatu sistem informasi yang menyediakan laporan untuk pihak-pihak yang berkepentingan dalam menilai kinerja dan kondisi ekonomi perusahaan. Melalui akuntansi, informasi bisnis dikomunikasikan kepada para pemangku kepentingan. Pihak internal (internal user) yang berkepentingan dengan informasi akuntansi antara lain sebagai berikut :

a.       Pemilik perusahaan / pemegang saham

badan usaha perseorangan merupakan bentuk usaha yang paling banyak dijumpai di Indonesia. Badan usaha yang pemiliknya berjumlah dua orang atau lebih disebut firma atau kongsi. Jika pemilik perusahaan terdiri atas banyak orang dan modalnya terdiri atas saham-saham, badan usaha seperti ini disebut perseroan terbatas (PT). Pemilik perusahaan sangat berkepentingan untuk mengetahui kinerja dan perkembangan perusahaan. Jika perusahaan mendapatkan keuntungan, kekayaan pemilik perusahaan juga akan bertambah. Sebaliknya, jika perusahaan rugi, kekayaan pemilik pun turut berkurang. Akuntansi merupakan pedoman bagi pemilik perusahaan untuk mengetahui maju mundurnya perusahaan, keuangan, serta prospek usaha. Akuntansi juga digunakan untuk menilai keberhasilan selama periode tertentu.

baca juga: Pengertian Akuntansi dari berbagai segi

b.      Pegawai / karyawan

Pegawai atau karyawan membutuhkan informasi akuntansi untuk mengetahui keadaan perusahaan, terutama stabilitas dan profitabilitasnya. Informasi ini memungkinkan mereka melakukan penilaian atas kemampuan perusahaan memberikan balas jasa, jaminan sosial, manfaat pensiun, dan kesempatan kerja

c.       Manajer produksi

Manajer produksi adalah orang yang bertanggungjawab terhadap keseluruhan proses menghasilkan produk dalam suatu perusahaan. Sebagai pihak internal perusahaan yang bertanggungjawab terhadap proses produksi, manajer produksi memerlukan informasi tentang keseluruhan biaya maupun rincian biaya yang diperlukan untuk menghasilkan produk perusahaan

d.      Manajer pemasaran

Manajer pemasaran adalah orang yang bertanggung terhadap keseluruhan proses pemasaran produk perusahaan, mulai dari promosi, distribusi, hingga pelayanan purnajual. Sebagai pihak internal perusahaan yang bertanggungjawab atas pemasaran produk perusahaan, manajer pemasaran memerlukan data biaya produksi dari setiap produknya guna menentukan harga jual produk tersebut dan rincian biaya pemasaran untuk mencari alternative biaya pemasaran yang paling efisien bagi perusahaan tanpa mengabaikan efektivitas pemasarannya

e.      Berbagai pihak internal perusahaan lainnya yang memerlukan data dan informasi keuangan lain yang harus disediakan oleh akuntansi

      2.       Pemakai Informasi Eksternal (External User)

Pemakai informasi akuntansi yang termasuk pihak eksternal adalah sebagai berikut :

a.       Kreditur

Selain dari modal sendiri, seringkali perusahaan juga meminjam dari pihak lain, seperti bank atau lembaga keuangan lain, untuk membiayai kegiatan operasionalnya. Para pemberi pinjaman atau kreditur membutuhkan informasi akuntansi untuk dijadikan bahan pertimbangan dalam pemberian kredit. Para kreditur sangat memperhatikan likuiditas dan solvabilitas perusahaan yang akan diberikan kredit selama jangka waktu yang direncanakan. Kreditur juga selalu mengawasi kinerja perusahaan.

baca juga: Prinsip Akuntansi

Mereka mengawasi kinerja perusahaan melalui laporan keuangan. Kreditur akan mengetahui keadaan keuangan perusahaan setelah menganalisis laporan keuangan yang disajikan oleh bagian akuntansi. Kreditur membutuhkan informasi akuntansi sebagai bahan pertimbangan untuk memutuskan apakah pinjaman serta bunganya dapat dibayar pada saat jatuh tempo.

b.      Investor / calon investor

Calon investor membutuhkan informasi akuntansi untuk menilai proses usaha suatu perusahaan, misalnya posisi keuangan perusahaan tersebut, sehingga mereka dapat mengambil keputusan dalam melakukan investasi di perusahaan yang bersangkutan.

c.       Pemerintah

Pemerintah sebagai yang mengelola keuangan Negara, sangat berkepentingan untuk mengetahui kinerja perusahaan, terutama dalam hal pencapaian laba. Pemerintah memerlukan informasi akuntansi untuk menetukan besarnya pajak yang harus dibayarkan perusahaan dan untuk pengawasi pajak. Jika perusahaan menghasilkan laba, pemerintah akan memungut pajak berupa pajak penghasilan. Disamping itu, pemerintah juga perlu mengetahui kondisi perusahaan terkait dengan penggunaan tenaga kerja.

Pemerintah perlu mengetahui pemberian gaji atau upah tenaga kerja sudah dijalankan sesuai peraturan ketenagakerjaan yang berlaku atau belum. Perusahaan juga diharapkan untuk tidak melakukan pembohongan public. Pemerintah berkepentingan dengan alokasi sumber daya dan aktivitas perusahaan, selain itu, untuk mengatur aktivitas perusahaan, menetapkan kebijakan pajak, serta sebagai dasar untuk menyusun statistic pendapatan nasional.

d.      Debitur

Debitur adalah orang atau badan usaha lain yang menjadi mitra perusahaan. Dalam hal ini, mencakup konsumen dan pemasok. Pemasok mempunyai kepentingan dengan perusahaan dalam hal pembayaran bahan baku yang dipasok. Pemasok harus mengetahui kemampuan perusahaan untuk melakukan pembayaran di kemudian hari.

e.      Masyarakat

Masyarakat terutama yang berada disekitar perusahaan, berkepentingan terhadap perusahaan tertama dalam hal penyerapan tenaga kerja. Selain itu, ada tradisi pembagian natura dari perusahaan ke masyarakat pada saat lebaran atau tahaun baru. Keadaan perusahaan dapat diketahui masyarakat melalui laporan akuntansi.

Demikianlah penjelasan tentang Pihak mana sajakah yang membutuhkan informasi akuntansi?

Latihan

1. mengapa akuntansi disebut sebagai bahasa bisnis?

2. sebutkan pihak-pihak yang termasuk internal user akuntansi!

3. sebutkan pihak-pihak yang termasuk external user akuntansi!

4. mengapa pemerintah membutuhkan informasi akuntansi dari suatu perusahaan?

5. mengapa pemilik perusahaan atau pemegang saham membutuhkan informasi akuntansi dari perusahaan miliknya?

10 thoughts on “PIHAK MANA SAJAKAH YANG MEMBUTUHKAN INFORMASI AKUNTANSI?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Releated