ruang lingkup evaluasi pembelajaran

Ruang Lingkup Evaluasi Pembelajaran

Ruang lingkup evaluasi pembelajaran menurut Arifin (2012: 58) dibagi dalam empat komponen besar yaitu:

1 Domain Hasil Belajar

Hasil belajar dibagi dalam tiga domain yaitu 1) kognitif, 2) afektif, dan 3) psikomotor.

Domain kognitif sendiri terdiri dari enam kemampuan yaitu: pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, dan evaluasi.

Domain afektif (affective domain), yaitu internalisasi sikap yang menunjuk ke arah pertumbuhan batiniah dan terjadi bila peserta didik menjadi sadar tentang nilai yang diterima, kemudian mengambil sikap sehingga menjadi bagian dari dirinya dalam membentuk nilai dan menentukan tingkah laku.

Domain psikomotor (psychomotor domain), yaitu kemampuan peserta didik yang berkaitan dengan gerakan tubuh atau bagian-bagiannya, mulai dari gerakan yang sederhana sampai dengan gerakan yang kompleks.

2 Sistem Pembelajaran

Sistem pembelajaran terdiri tiga aspek yaitu 1) program pembelajaran, 2)proses pelaksanaan pembelajaran, dan 3) hasil pembelajaran.

3 Proses dan Hasil Belajar

Proses dan hasil belajar terdiri atas lima bagian yaitu 1) sikap, 2) pengetahuan dan pemahaman, 3) kecerdasan, 4) perkembangan jasmani, dan 5) keterampilan.

4 Penilaian Berbasis Kelas

Penilaian berbasis kelas terdiri lima bagian yaitu 1) kompetensi dasar mata pelajaran, 2) kompetensi rumpun pelajaran, 3) kompetensi lintas kurikulum, 4) kompetensi tamatan, dan 5) keterampilan hidup

demikianlah penjelasan ruang lingkup evaluasi pembelajaran

Sumber :

Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Releated