nilai guna indifferent curve

Teori Nilai Guna dan Indifferent Curve

Kali ini kita akan membahas tentang dua teori dalam pengantar ekonomi yaitu teori nilai guna (utility) dan kurva kepuasan sama ( indifferent curve ).

1 Pendekatan Teori Nilai Guna (Utility)

Teori nilai guna menggambarkan kepuasan pada saat mengkonsumsi suatu unit barang dapat dikuantitasi dengan satuan “util” dan setiap individu akan akan memaksimalkan kepuasannya pada setiap barang yang dikonsumsinya.

Sebagai contoh, seseorang sangat menyukai minuman coca cola. Pada saat minum botol yang pertama, dia akan merasakan kepuasan yang sangat tinggi. Pada saat minum botol yang kedua, dia akan merasakan kepuasan tersebut berkurang. Demikian juga pada botol ketiga dan seterusnya. Sampai pada suatu waktu dia tidak lagi menginginkan minuman coca cola tersebut meskipun diberikan gratis.

Dari contoh tersebut dapat dikatakan bahwa ketika minum coca cola yang pertama katakanlah memiliki kepuasan atau util sebesar 4, botol kedua turun menjadi 3 util, seterusnya hingga ketika minum coca cola mendapatkan 0 util. artinya minuman tersebut tidak lagi memuaskannya. Jika dipaksakan untuk memakan buah durian tersebut, maka dapat memperoleh kepuasan sebesar -1 util. minus artinya ketika minum coca cola bukannya mendapatkan kepuasan tetapi mendapatkan penderitaan.

Contoh tersebut menunjukkan bahwa turunnya kepuasan sebagai akibat dari mengkonsumsi suatu jenis barang secara terus menerus.

2 Pendekatan Kurva Kepuasan Sama (Indifferent Curve/IC)

Indifferent Curve (IC) menggambarkan kombinasi barang-barang yang akan memberikan kepuasan yang sama besarnya. Kurva kepuasan sama adalah kurva yang menggambarkan kombinasi konsumsi yang memberikan konsumen tingkat kepuasan sama.

Beberapa karakteristik indifferent curve:

a Indifferent Curve yang lebih tinggi lebih disukai daripada kurva yang lebih rendah.

Konsumen biasanya lebih suka mengkonsumsi barang dalam jumlah yang lebih banyak.

b Indifferent Curve selalu miring ke bawah.

Kemiringan suatu Indifferent Curve mencerminkan tingkatan dimana konsumen bersedia mensubstitusi barang yang satu dengan barang yang lain.

c Indifferent Curve tidak saling berpotongan.

d Indifferent Curve selalu melengkung kedalam.

Kemiringan suatu Indifferent Curve merupakan tingkat substitusi marginalnya, tingkat dimana konsumen bersedia menukar barang yang satu denan barang lainnya. Setiap orang lebih bersedia menukarkan barang yang mereka miliki dalam jumlah banyak daripada menukarkan barang yang mereka miliki dalam jumlah sedikit.

demikianlah penjelasan singkat tentang teori nilai guna dan kurva kepuasan sama ( indifferent curve )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Releated